Menjadi kreatif dan inovator!

Sepertinya semua sudah tahu bahwa tahun 2009 adalah Tahun Indonesia Kreatif (TIK). Bagaimana dengan Anda? Apakah anda setuju dan mendukung statemen pemerintah ini? Dan apakah Anda, para JagoanInternet sudah turut serta mensukseskan semangat “kreatif” ini?

Berdasarkan siaran pers yang dilansir detikFinance, bentuk kegiatan Tahun Indonesia kreatif yaitu berupa pameran 14 sub sektor ekonomi kreatif seperti festival film, fashion dan musik, seminar, kompetisi dan penganugerahan pengharhaan terhadap insan-insan penggerak ekonomi kreatif, karnaval serta seni pertunjukan yang diselenggarakan oleh pemerintah, kaum intelektual dan pelaku bisnis dan juga komunitas kreatif.

Adapun tiga kelompok besar yang menjadi unggulan 14 sektor ekonomi kreatif nasional yaitu fashion, kerajinan dan kriya. Sektor unggulan ekonomi kreatif yang lain adalah film dan musik nasional yang telah melahirkan karya film, animasi, fashion, musik, sofware, game komputer yang bagus dan berkualitas serta mendapat kesempatan untuk tampil di forum internasional.

Seperti diketahui, pasar industri kreatif juga sangat besar yaitu 47 persen dari penduduk indonesia sebab saat ini penduduk indonesia yang berumur di bawah 29 tahun. Mereka adalah pasar ekonomi kreatif maupun sumber SDM kreatif.

Kontribusi ekonomi kreatif ini cukup besar terhadap perekomian indonesia yaitu mencapai 6,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Selain itu, industri ekonomi kreatif juga telah  berhasil menciptakan 5,4 juta lapangan kerja, pengurangan angka kemiskinan dan membantu pemberdayaan UKM.

Jadi,  rasanya benar-benar pantas! Jika tahun 2009 yang juga merupakan masa-masa resesi global seluruh dunia dan tidak hanya Indonesia, kita sebagai bangsa terus mengembangkan kreatifitas guna terus bisa bersaing dan bertahan ditengah kesulitan saat ini.

Anda sudah melakukannya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s