Charger Universal Akan Segera Hadir

Pernahkan Anda lupa membawa charger ponsel ketika diperjalanan atau dikantor? Pastinya sangat merepotkan bukan? Karena saat meminjam, ternyata tidak ada yang mempergunakan charger ponsel sesuai dengan merk ponsel Anda. Jangan khawatir, dimasa mendatang kejadian seperti ini tidak akan terulang kembali karena sebagian besar ponsel mempergunakan charger yang sama. Asyik kan..


Seperti yang dilansir melalui telegraph, beberapa produsen besar dunia mulai sepakat untuk mengembangkan charger dengan standar universal. Jadi, nantinya charger ini dapat digunakan oleh semua merek ponsel.

Sampai saat ini, ponsel yang sudah beredar di dunia memang tergolong ‘egois’, pasalnya mereka hanya mau mengisi daya dengan menggunakan charger khusus untuk merek ponsel mereka sendiri. Tentunya, hal tersebut dapat membawa dampak untuk lingkungan karena sampah charger yang semakin menggunung diberbagai belahan dunia.

10 perusahaan ponsel telah sepakat untuk menggunakan charger universal. Di antara 10 perusahaan tersebut adalah Apple, LG, Nokia, Samsung dan Sony Ericsson. Mereka dikabarkan telah menandatangani surat kesepakatan (MoU) dengan Komisi Eropa sebagai awal komitmen menciptakan ponsel dengan satu port charger yang sama.


Perusahaan ponsel tersebut akan mengadopsi konektor mikro-USB ke dalam seluruh perangkat yang akan diproduksi, mulai tahun depan.

“Dengan universal charger, pengguna ponsel dapat men-charge ponsel dari charger manapun karena mereka memiliki port yang sama. Bahkan, dengan adanya charger universal ini maka perusahaan ponsel dapat berkontribusi menurunkan jumlah sampah elektronik di dunia,” ujar juru bicara komisi Eropa Guenter Verheugen.

Lembaga GSM Association berperan penting mengkoordinasi perusahaan handset menyepakati persetujuan pemakaian charger universal itu.

Langkah ini tidak hanya menyenangkan hati para pengguna ponsel, tapi juga para ilmuwan, khususnya yang sangat peduli terhadap dampak teknologi terhadap lingkungan.

sumber : http://vibizshop.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s