Awas, Teroris Cari Anggota di Internet!

Teroris generasi baru, menggunakan forum online untuk merekrut anggota yang ingin bergabung dan menjalankan misi Al Qaeda. Dengan cara seperti ini, ancaman terorisme global dikhawatirkan akan berkembang lebih cepat.

Evan Kohlmann, investigator senior Global Terror Alert, pada International Conference on Cyber Security 2009 di New York mengatakan, teroris maya menggunakan sejumlah forum online dan situs jaringan sosial PalTalk sebagai media perekrutan. Banyak diantara orang-orang ini tidak pernah bertemu darat, tetapi merancang konspirasi secara online untuk melakukan serangan maya maupun serangan terorisme nyata semacam dengan melakukan bom bunuh diri.

Global Terror Alert merupakan tempat bertukar informasi para peneliti counter-terrorist, analis, maupun pembuat kebijakan. Termasuk Kohlmann merupakan konsultan bagi para penegak hukum dalam kasus terorisme.

Di konferensi itu Kohlmann mencontohkan kasus Operation Praline yang merupakan jaringan teroris antar negara dan dikoordinir oleh Aabid Khan 19 tahun asal Inggris.

Khan yang ditahan pada Juni 2006 saat kembali dari Pakistan, menggunakan forum online dan ruang chatting untuk merekrut anggota teroris secara online. Penegak hukum yakin, Khan merencanakan pengeboman di Washington DC dan New York.

Khan yang menyerukan perang global terhadap semua yang tidak mendukung Al Qaeda, merupakan lingkaran pemimpin teroris di wilayah Kanada dan Inggris. Sebelumnya 17 orang ditahan di Toronto sebelum serangan berhasil dilaksanakan.

Khan menggunakan serangkaian forum online bermodel jihad untuk mendukung Al Qaeda. Situs itu juga sebagai sarana bagi yang ingin melakukan serangan teror untuk berbagi pemikirannya. Kohlmann menyebut situs yang digunakan layaknya Facebook dan MySpace bagi teroris maya.

sumber : http://www.inilah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s