DOS Emulator Untuk Windows XP

Sebelum hadirnya lingkungan penuh grafis Windows, DOS adalah leluhur yang tidak bisa dilupakan atas kesuksesan berbagai versi Windows yang selama ini ditawarkan. Menggunakan baris perintah untuk mengeksekusi sebuah program atau game, pengguna mesti fasih dengan perintah baik internal maupun eksternal command.

Ya, walaupun sedikit tertatih-tatih, namun cukup mengingatkan otak bekerja. Tidak seperti halnya yg skrg kita nikmati, pengguna Windows hanya click, drag dan drop, kemudahan kadang-kadang membuat kita menjadi malas. Jika saat ini anda masih memiliki beberapa koleksi program atau game yg berjalan “Under DOS” tapi tidak dapat dinikmati di Windows XP, kamu bisa mencoba sebuah program DOS emulator yg bikin kita bisa memainkan game DOS di Windows XP.

DOSBox adalah sebuah DOS emulator untuk Windows XP, utility kecil yg bisa membuat kita bergaming game Under DOS di sistem operasi Windows XP. Game-game klasik dan jadul / kuno seperti PacMan, Arkanoid, Invaders, Ninja RyuKenden, Terminator Arcade, Digger, Galaga dan masih banyak lagi kalau mau menyebutkannya bisa dimainkan kembali, asalkan game-game jadul tersebut masih bagus. :-) (jangan-jangan masih tersimpan di floppy disk yg udah jamuran).

DOSBox bisa didownload secara gratis karena merupakan DOS emulator open source. Ketika DOSBox sudah diinstal, akan ada shortcut baru yang nampak di Desktop sehingga launching programnya akan lebih mudah. Tinggal double-click maka akan muncul welcome screen dan petunjuk baru, tapi lebih baik buka file readme yg tersimpan bersama-sama saat instal.

selanjutnya sebuah direktori baru Z:\> akan menjadi direktori virtual. Untuk menggantinya ke direktori C, kita mesti menciptakan folder baru bernama DOSapps di direktori C:. Pindahkan semua program dan game jadul ke folder C:\DOSApps, Setelah itu, di command prompt kita tinggal memberikan perintah mount disk seperti halnya yang biasa dipakai di Linux OS.

Ketikkan baris command line di command prompt dengan syntax:

mount c c:\DOSApps

Nah, seluruh program dan game jadul / kuno akan nampak hadir, dan ketikkan nama file yg ingin kita mainkan, misalnya DIGGER.EXE.

sumber : http://www.speedytown.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s