Implementasi WiMax Indonesia Terhambat Regulasi

Isu mengenai Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMax) sudah mencuat sejak dua tahun lalu. Beberapa uji coba terhadap teknologi WiMax sudah dilakukan. Sayang, alpanya regulasi untuk teknologi baru ini menjadi penghalang dalam implementasinya.

Kepala Badan Litbang SDM Depkominfo Aizirman Djuzan mengemukakan, sesuai janji Menkominfo, regulasi WiMax akan keluar bersamaan dengan peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional. Rencananya Mei tahun ini WiMax siap untuk diaplikasikan.

Mengenai persiapan dan uji coba, lanjut Aizirman, berjalan cukup matang dan sudah dilaksanakan. Teknologi ini telah diuji coba seijin pemerintah di beberapa komunitas dan daerah, di antaranya kota Malang dan Aceh. Menurut Aizirman, hasil dari percobaan tersebut menunjukkan hasil memuaskan dan kesiapan akan implementasi teknologi ini.

“Jika regulasi sudah keluar, kita tinggal mengumumkan tender ke operator-operator. Kita targetkan tahun ini teknologi WiMax sudah memasyarakat,” tutur Aizirman di sela-sela Seminar Prospek Pemanfaatan WiMax Dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, Hotel Imperium Bandung, Rabu (27/2/2008). (Detikinet)

sumber : http://scriptintermedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s